WelCome

Hidroponik.net  “The Hydroponic  AgriConsult & Greenhouse Technology ” yang mengkhususkan dalam Pengembagan Teknologi hidroponik dan greenhouse (rumah tanaman) untuk kepentingan peningkatan produksi pertanian yang modern dan berkualitas,  disesuaikan dengan Potensi sumber daya yang ada di Indonesia. Tujuannya adalah peningkatan penyebaran teknologi dan edukasi yang merata bagi pertanian di Indonesia, untuk memberi peluang peningkatan kualitas hasil pertanian dan jaminan rantai pasokan menuju pasar Global. Setuju atau tidak, mau ikut atau tidak, teknologi ini terus berkembang di setiap negara dan menjadi alternatif penting bagi Industri Agrobisnis.

Sebagian besar tulisan teknologi hidroponik komersial ini didasarkan pada pengalaman, penelitian dan pengamatan saya sejak tahun 1992 terhadap teknologi hidroponik di Indonesia dan luar negeri. Tulisan ini merupakan salah satu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan petani maupun perusahaan pertanian yang ingin menerapkan teknologi pertanian, agar dapat meningkatkan produktifitas maupun kualitas dengan hasil produksi yang kontinyu.

Kurangnya para pengusaha dan petani yang berkecimpung dalam memproduksi sayuran dengan teknologi hidroponik agar berkualitas dan berkesinambungan, menyebabkan lambatnya laju pertumbuhan produksi dan tingkat persaingan yang kurang tajam. Kendala utama untuk menerapkan teknologi tersebut adalah kurangnya tenaga terampil, terutama pada tingkat manager.

Budidaya pertanian yang menggunakan teknologi hidroponik, tidak lepas dari sarana yang dapat menunjang optimalisasi dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Mengingat hidroponik ini bukan suatu keharusan, melainkan suatu jalan keluar, maka komoditi yang ditanam pun saat ini harus mempunyai pasar khusus dengan harga khusus pula. Jika dibandingkan di negeara lain, teknologi hidroponik sebagai jalan keluar pemenuhan kebutuhan pasar, sudah menjadi kegiatan yang normal bagi pasar dan konsumsi masyarakat.

Sarana penunjang tersebut mempunyai fungsi masing-masing yang saling terkait pada suatu sistem hidroponik. Ada beberapa hal yang penting agar hidroponik secara kualitas dan kuantitas dapat berhasil, antaralain sumber daya manusia, manajemen kebun, greenhouse, nursery, sistem irigasi, benih, media tanam dan peralatan pendukung lainnya. Dengan demikian, praktek yang berlangsung secara aktif di dalam kebun produksi akan dapat memberikan ketrampilan secara menyeluruh terhadap penerapan teknik budidaya tanaman sayuran menggunakan teknologi hidroponik.

Saat ini saya bersyukur, sebab perkembangan hidroponik sudah masuk dan terintroduksi ke kalangan hobi dan pegiat komunitas hidroponik indonesia, belajar bareng hidroponik di tanah air, pakar hidroponik, ahli hidroponik Indonesia, praktisi hidroponik, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, paling tidak variasi dan pengenalan produk hidroponik terus bergerak masuk ke masyarakat yang lebih luas.

Semoga para pegiat hobi dan komunitas akan terus meningkat menjadi kegiatan bisnis yang berbasis professional, sehingga setiap aktifitas biss di pertanggungjawabkan hasilnya, dan menjadi salahsatu penggerak ekonomi independent.

Salam dari kami, Hydroponic Commercial Growers

Edi Sugiyanto


Share Button

One Response to WelCome

  1. Ramdhani says:

    Hi Pak Edi,
    Boleh minta nomor telponnya pak, kebetulan saya memerlukan jas konsultasi untuk kebun hidroponik sy

    Dhani
    08112007417

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *